Senin, 30 Maret 2015

Sirah Nabawiyah: Memetik Hikmah Kehidupan Nabi Muhammad Saw



Kedekatan Indonesia dengan Arab bukan hanya karena kedua Negara memiliki penduduk mayoritas muslim dinegaranya. Jauh sebelum itu, bahkan ketika Indonesia masih bernama Nusantara, hubungan kedua Negara sudah lama terjalin. Hubungan sudah terjalin semenjak Jazirah Arab memiliki perdagangan dengan Nusantara. Salah satu buktinya adalah digunakannya kapur barus yang berasal dari Nusantara dalam pengawetan jasad Fir'aun. Kapur dikenal karena Nusantara merupakan bagian dari jalur sutra. Hubungan nusantara dengan negeri – negeri dijazirah Arab berlanjut sampai islam turun melalui Nabi Muhammad yang kemudian dibawa langsung ulama dari jazirah Arab.

Nabi Muhammad saw terlahir dari Bani Hasyim sebuah kabilah suku di jazirah Arab yang dikenal dengan sifat-sifat kabilahnya yang mulia. Beliau diutus di jazirah Arab, suatu negeri yang tandus dan tidak menguntungkan dalam hal sumber daya dan juga tidak berada di bawah pengaruh dinasti besar zaman itu (Persia dan Romawi). walaupun Muhammad besar dan hidup di Arab, namun beliau diutus kepada seluruh umat manusia,

Saat kelahiran nabi, terdapat kejadian luar biasa yaitu istana romawi bergoyang dan 14 balkonnya jatuh, api yang di sembah orang majusi/ istana parsi padam, danau sawa surut dan ditutup nya pintu langit untuk bangsa jin mencuri berita. Entah ini suatu tanda atau apa, namun kelahiran Nabi Muhammad merupakan babak baru bagi umat manusia.

Muhammad lahir sebagai yatim, lahir dari Rahim seorang ibu bernama Aminah. Semasa kecil nabi diasuh dan dibawah Penyusuan halimah sadiah dari kabilah bani saad bin bakar yaitu kabilah paling fasih b.arab nya. Ketika Usia nabi menginjak 6 tahun Aminah, ibu nabi muhammad wafat, lalu ketika usianya menginjak 8 tahun Abdul mutolib kakek nabi pun wafat. pengasuhan pindah ke Abu Tholib, pamannya. Di tangan pamannya lah, nabi dididik mandiri dan sederhana,

Saat dididik pamannya Nabi selalu dibawa berdagang ke Tsam (sekarang Suriah). Pernah suatu saat ketika Nabi pergi berdagan bertemu Rahib Bihairo yang memberi informasi tentang tanda - tanda kenabian muhammad.

Semasa hidup nabi senantiasa menjaga tali silaturahmi dengan tetap terjaga dari kejahiliyahan. Prinsip itu dapat kita terapkan dikehidupan sekarang dimana kita dituntut bijaksana menerapkan prinsif keislaman, agar tidak anggap aneh atau asing oleh orang lain. selain dalam kesehariannya nabi juga sangat memegang teguh kejujuran dalam berdagang. Oleh karenanya nabi diberi gelar Al-Amin. Selain berdagang nabi juga menggembala kambing. Beliau mengajarkan kemandirian dan kesederhanaan dalam hal finansial.

Berikut kejadian - kejadian penting dalam kehidupan Nabi Muhammad:

1. Menikah dengan khodijah dengan mahar 100 ekor inta merah, menikahi perempuan lebih tua bukan hal yang negatif, malah d contohkan. Usia khodijah 40, nabi 25.

2. Pembangunan kembali kabah menuai kericuhan antar labilah dan nabi menjadi pelantara terhindarnya perang antar kabilah, karena kebijaksanaan dan kecerdikan nabi.

3. Terjadi Hilful fudhul : sumpah setia yang luhur menjungjung keadilan dan menghindari kedzoliman. Nabi setuju karena sesuai dengan ajaran islam juga

4. Kegelisahan dan tahannuts / menyendiri di giha hiro

5. Tahannuts berlangsung sampai mendapat wahyu 1 yaitu al.alaq ayat 1_5, pad tanggal 17 romadon thn 41 kelahiran nabi/ 6/8/610 M.

6. Nasihat waroqoh bin naufal kepada khodijah mengenai pengangkatan rosul, malaikat zibril dan wahyu.

7. Awal dakwah secar sembunyi – sembunyi Selama periode 3 tahun. Urutannya kepada keluarga, sahabat, bangsawan/ pemuka. Terdapat 40 orang yang menjadi assabiqunal awalun (orang – orang yang pertama kali masuk islam) . kita juga berdakwah harus mendahulukan keluarga dan orang yang terdekat kita, jangan sampai kita sibuk dengan alasan dakwah, urusan umat namun kita lupa kepada keluarga, apalagi sampai lupa untuk birrulwalidain (berbuat baik kepada kedua orangtua).

8. mulai perintah dakwah terang- terangan atas perintah Alloh serta ajakan dari umar bin khotob.

9. Dakwah terang-terangan yang dilakukan rasulullah dilakukan setelah turun ayat :

Q.S. Al Hijr 94 artinya: “Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik.” dan Q.S. Asy Syuara 214-215

10. Sistem dakwah Rasulullah dilakukan secara terbuka, dengan lingkup dakwah yg lebih luas. Sistem dakwah tertutup sebelumnya dilakukan dalam hal pengkaderan, dilakukan di rumah Arqam bin Abil Arqam, di lembah marwah.

11. Setelah Umar bin Khatab dan Hamzah masuk islam, sistem dakwah menjadi lebih terbuka, proses pembinaan islam dilakukan di rumah-rumah sahabat.

Jika dihubungkan dengan fase dakwah Islam di Indonesia, ada fase pembinaan yang tidak berjalan berkesinambungan, yaitu setelah wali songo wafat dan saat masyumi dibubarkan, terhenti dari zaman Soekarno ke Soeharto, 1945-1996. Padahal proses pembinaan tidak boleh terputus, perlu dilakukan secara berkesinambungan. Proses takwinul umat tidak boleh berhenti.

Menilik kembali sirah Rasulullah, konsekuensi dari dakwah terbuka adalah musuh yang nyata. Oleh karena itu, umat Islam harus bisa membagi-bagi isu yg harus ditanggapi. Ada isu yang cukup dibiarkan, perlu diingatkan, atau harus dilawan. Jika dianalogikan dengan menghadapi anak panah, respon kita dapat menghindar, menutup dengan benteng, melawan dengan panah yang sama, atau melawan dengan panah yang lebih besar.

Beberapa contoh permusuhan terang-terangan dengan Islam:

1. Penyiksaan Bilal bin Rabah

2. Sumayah menjadi mujahidah pertama

3. Musaib bin Umair yang dipenjara oleh ibunya sendiri.

4. Tampak barisan hizbu syaitan, seperti dalam Q.S. Al Mujadilah : 10.

5. Peristiwa Ustman bin Mazh'un yang melepaskan perlindungan dari Walid bin Mughirah. Ia mengatakan 'Allahlah pelindungku'.

6. Rasullah saw saat thawaf diejek, tetapi Rasulullah membalas dengan memberikan hadiah.

7. Sikap Abu Bakar saat dipukul oleh Utbah bin Rabi'ah. Karena Abu Bakar tidak boleh ibadah di luar, sehingga Abu Bakar membuat masjid di depan rumahnya. Namun hal ini menimbulkan ketertarikan oleh ibu-ibu dan anak-anak. Utbah bin Rabi'ah tidak menyukai hal ini dan memukul Abu Bakar dengan sandal arab (sandal kayu) sampai pingsan.

8. Timbul fitnah tentang fitnah Rasulullah terhadap jamaah haji. Fitnah tersebut mengatakan 'hati-hati kalau pergi ke Mekah ada penyihir'.

Hamzah masuk Islam, kemudian melawan penghinaan Abu Jahal terhadap Rasulullah. Mulailah dakwah yg makin kokoh dan kuat. Kaum Quraisy ketakutan pada dakwah Rasulullah. Muhammad membacakan Q.S. Al Fussilat & Q.S. As Sajadah. Mereka mengatakan apa yang disampaikan Muhammad bukan syair tp firman Tuhan.

Setelah fase dakwah terang-terangan yang penuh perlawanan. Beberapa muslim melakukan hijrah pertama ke Habsyah (ethiopia) dalam 3 gel besar. Dimulai dadi peristiwa Ja'far bin Abu Thalib, berdialog dengan Raja Najasy, Raja Habsyah, negara kristen, berdialog surat Maryam. Antara agamaku dan agamamu hanya berbeda 1 garis. Beberapa lama setelah itu, terjadi peristiwa masuknya Umar bin Khatab dalam barisan muslim. Hal ini sebagai jawaban atas doa Rasulullah, "Ya Allah kuatkan Islam dengan dua Umar, Umar bin Khatab atau Abu Jahal". Proses perlawanan terhadap orang muslim terus terjadi. Pemboikotan kafir Quraisy kepada Bani Hasyim selama 3 tahun. Menarik untuk dipetik sebagai pelajaran, dakwah seorang muslim perlu strategi, perlindungan dan nama besar sangat dibutuhkan untuk memuluskan jalan dakwah seperti hanya ketika Umar masuk islam.

Ibroh: Seorang Nabi merupakan pemimpin di bidang spiritual, ilmu/intelektual dan kemasyarakatan. Begitupun seorang muslim, saat menjadi pemimpin, ia punya peran spiritual (hal yang pertama harus dilakukan: mengajak orang mendirikan shalat), ilmu dan kemasyarakatan

Jika kamu sudah membaca ini, artinya in sha allah sudah ada ilmu yang sudah kamu dapat. Bagikanlah nikmat ilmu ini ke orang lain, sebagai sedekah dan wujud dakwah secara sederhana.

0 komentar:

Posting Komentar